Dr. (C). Sihar Tambun, SE, Ak., M.Si.

NIP                  : 1700101
Fakultas         : Ilmu Ekonomi & Bisnis
Prodi               : Akuntansi
Pendidikan    : S3 Doktor Akuntansi
Dilihat             : 10559 kali


Profile

Profil Dosen: Lahir 14 April 1976 di Pekan Kamis, Kecamatan Dolok Masihol, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Latar Belakang Pendidikan S1 Akuntansi dari Universitas Sumatera Utara, Pendidikan S2 Magister Akuntansi dari Universitas Budi Luhur, dan S3 Doktor Akuntansi (sedang ditempuh) di Universitas Trisakti. Jenjang karir di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, adalah menjadi Kaprodi Akuntansi (2010-2012), Ketua LPPM (2011-2013) dan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (2012 s/d Sekarang). Pengalaman bekerja di Kantor Akuntan Publik dan Konsultan Pajak sejak tahun 2001 s/d 2010, sebelum menjadi dosen full time. Kompetensi keilmuan yang dikuasai adalah Akuntansi, Auditing dan Perpajakan, serta Menguasai Metode Penelitian dengan baik. Menguasai software SPSS, Eviews, Stata, PLS, AMOS dan LISREL. Berpengalaman mengajar di Program Magister Akuntansi dan Magister Manajemen di Universitas lain di Wilayah DKI Jakarta. Berpengalaman menjadi narasumber untuk pelatihan (workshop) software statistik SPSS, Eviews, Stata, PLS, AMOS dan LISREL, baik di Lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta maupun di perguruan tinggi lain. Telah mempresentasikan hasil penelitian di tingkat nasional dan international conference, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal internasional bereputasi.


Material

Title : Format Skripsi FEB UTA 45 Jakarta


Keterangan  

Format skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Download   Format Skripsi FEB UTA 45 Jakarta (925)

Title : Silabus Metode Penelitian, Update September 2017


Keterangan  

Silabus Mata Kuliah "Metode Penelitian", Mahasiswa Semester V. Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan kompetensi mahasiswa di bidang penelitian bisnis, khususnya penelitian di bidang akuntansi, manajemen dan administrasi bisnis. Peserta didik akan memiliki kompetensi dalam qualitative research dan quantitative research, mampu melakukan pendekatan metodologi deduktif dan induktif, mampu menggunakan software statistik sebagai alat bantu, mampu membuat laporan penelitian yang berkualitas, dan mampu merubah laporan ke dalam bentuk jurnal, dan siap untuk diseminarkan dan publikasi pada tingkat nasional.

Download   Silabus Metode Penelitian, Update September 2017 (1466)

Title : Silabus Seminar Akuntansi Perpajakan, Update September 2017


Keterangan  

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami perkembangan terkini dibidang akuntansi perpajakan yang ada di Indonesia, serta issue-issue akuntansi perpajakan yang sedang ada saat ini. Materi yang diajarkan meliputi update peraturan perpajakan yang terbaru, issue-issue akuntansi perpajakan yang akan terapkan di Indonesia (baik objek maupun tarif), serta perkembangan prekembangan praktek akuntansi perpajakan. Materi perkuliahan juga meliputi arah perkembang penelitian dibidang akuntansi perpajakan dengan melakukan literature review atas penelitian-penelitan yang sudah pernah ada di bidang akuntansi perpajakan, serta melihat topic-topik yang penting dan bermanfaat untuk diteliti, sehingga topic-topik tersebut dapat dijadikan oleh mahasiswa sebagai referensi topik skripsi untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi akuntansi perpajakan.

Download   Silabus Seminar Akuntansi Perpajakan, Update September 2017 (1677)

Title : Modul SPSS Regresi Berganda - Data Primer


Keterangan  

Modul ini menuntan pembaca untuk memahami tahapan tahapan dalam mengolah data penelitian, khususnya data primer yang diperoleh dari kuisioner penelitian. Tahapan meliputi pengolahan data responden, uji validitas dan uji reliabilitas, uji hipotesis dengan uji t dan uji f, dan koefisien determinasi.

Download   Modul SPSS Regresi Berganda - Data Primer (18966)

Title : Modul SPSS Regresi Berganda - Data Sekunder


Keterangan  

Menuntun pembaca memahami langkah langkah pengolahan data sekunder, dalam hal ini adalah data keuangan. Diawali dari pengujian asumsi klasik, yaitu uji multikolinieritas, uji auotocorelasi, dan uji heteroskedastisitas, serta uji normalitas data. Dilanjutkan dengan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis. Selanjutkan dibahas tentang persamaan regresi yang dihasilkan, dan diakhiri dengan coefficient determinasi.  

Download   Modul SPSS Regresi Berganda - Data Sekunder (13618)

Title : Modul SPSS Korelasi dan Regresi


Keterangan  

Modul ini menuntun cara pengolahan data untuk analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Modul ini diajarkan pada saat pelatihan di Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya

Download   Modul SPSS Korelasi dan Regresi (5145)

Title : Modul SPSS Moderating Variabel - Data Primer


Keterangan  

Modul ini berisi tentang langkah langkah dalam pengolahan data kuisioner, yang memiliki variabel moderating, dimana pengolahannya menggunakan model interaksi atau perkalian. Model interaksi ini bisa dilakukan bila variabel moderating tersebut menggunakan data ordinal atau data rasio.

Download   Modul SPSS Moderating Variabel - Data Primer (21541)

Title : Modul SPSS Intervening Variabel - Data Primer


Keterangan  

Modul ini berisi langkah langkah regresi berganda, sekaligus menghitung pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh total dari adanya variabel intervening tersebut.

Download   Modul SPSS Intervening Variabel - Data Primer (22439)

Title : Modul SPSS Moderating Sub Group - Data Sekunder


Keterangan  

Modul ini berisi langkah langkah pengolahan data dan interpretasinya, bila variabel moderatingnya menggunakan variabel dummy. Disebut metode sub group karena variabel moderating dikelompokkan dalam beberapa sub group, bisa 2 group, bisa juga lebih

Download   Modul SPSS Moderating Sub Group - Data Sekunder (1365)

Title : Modul SEM Dengan Amos


Keterangan  

Model SEM ini memadukan Analisis Faktor dengan Conformatory Faktor Analysis. —SEM digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, menguji pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, dan menguji pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Tahapan SEM dengan Amos meliputi: Gambar Model sesuaiTeori& penelitianterdahulu. UjiValiditas  danReliabilitasdengan CFA, Convergent Validity, Construct Reliability,  AVE, danDiscriminant  Validity. UjiNormalitasdenganNormalitasUnivariatedan Multivariate, Mahalanobis Distance, dan Determinant of  Sample Covariance Matrix. UjiKesesuaianModel denganChi-Square, GFI, CFI, AGFI,  RMSEA, dan lain lain. UjiHipotesis: Dengankriteria Critical Ratio (CR) > 1,96 danNilai Probability (P) < 0,05.

Download   Modul SEM Dengan Amos (37221)

Title : Modul SEM Dengan PLS - Moderating


Keterangan  

Modul ini berisi langkah langkah pengolahan data dengan Software Smart PLS. Jika antar variabel independen terjadi korelasi (ada multikolinieritas), maka analisis regresi tidak layak dipakai, sehingga PLS diciptakan untuk solusi ini. PLS mengakomodasi data besar (banyak) dan data kecil (sedikit). PLS Tidak banyak asumsi. PLS bisa untuk konfirmasi dan prediksi. PLS bisa menggunakan indikator reflesif dan formatif. PLS menguji estimasi dan signifikansi dengan model Resampling (Bootstrap). Tujuan Estimasi PLS adalah membuat komponen skor / bobot terbaik dari variabel laten endogen, untuk memprediksi hubungan variabel laten dengan indikatornya. Inner Model: Hubungan antar sesama variabel Laten. Outer Model: Hubungan antara indikator dengan variabel latennya.

Download   Modul SEM Dengan PLS - Moderating (6937)

Title : Modul SEM Dengan PLS - Intervening


Keterangan  

Langkah langkah Pengolahan data untuk intervening dengan PLS: Memperoleh data data penelitian berdasarkan indikator pengukuran variabel. Data diinput di Ms. Excel dan kemudian di Save – As dalam format CSV (Comma Delimited).Aktifikan Program Smart PLS dengan menggunakan data penelitian yang telah di Save – As dalam format CSV (Comma Delimited).Menggambar model penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yang didukung oleh grand theory, riset pendahuluan dan hipotesis yang ingin diuji. Mengolah data estimate, untuk mengetahui Hasil Outer Model. Mengolah data Resampling Bootstrapping, untuk mendapatkan model terbaik. Membaca goodness of fit dari model. Hasil pengujian hipotesis.

Download   Modul SEM Dengan PLS - Intervening (20041)

Title : Tabel Statistik (Tabel r, Tabel t, Tabel F, dan Tabel Durbin Watson)


Keterangan  

Dibutuhkan dalam penelitian kuantitatif, tabel r product moment untuk uji validitas, tabel t untuk parsial, tabel F untuk uji simultan, dan tabel durbin watson untuk uji autocorelasi

Download   Tabel Statistik (Tabel r, Tabel t, Tabel F, dan Tabel Durbin Watson) (4229)

Title : Modul SPSS Moderating Interaksi


Keterangan  

Materi ini menuntun peneliti untuk mengolah data variabel moderating dengan model interaksi (perkalian). Materi pelatihan SPSS bagi dosen dosen UTA45 Jakarta, pada tanggal 31 Oktober 2014. 

Download   Modul SPSS Moderating Interaksi (3109)

Title : Modul SPSS Moderating Sub Group -Primer


Keterangan  

Materi ini menuntun peneliti mengolah data penelitian, bilamana variabel moderatingnya menggunakan variabel dummy. Materi ini digunakan dalam pelatihan SPSS untuk dosen dosen UTA 45 Jakarta, pada tanggal 31 Oktober 2014.

Download   Modul SPSS Moderating Sub Group -Primer (735)

Title : Modul SPSS Intervening Causal Step


Keterangan  

Metode ini adalah metode yang paling sederhana dalam pembuktian hipotesis intervening. Materi ini diberikan saat pelatihan SPSS bagi dosen dosen di UTA 45 Jakarta pada tanggal 31 Oktober 2014

Download   Modul SPSS Intervening Causal Step (1224)

Title : Modul SPSS Intervening Product of Coefficient


Keterangan  

Materi ini sangat akurat dalam mengukur signifikansi dari variabel intervening atau mediasi. Membuktikan signifikansi dengan membandingkan F hitung dengan F tabel. Materi ini diberikaan saat pelatihan SPSS bagi dosen dosen UTA 45 Jakarta, pada tanggal 31 Oktober 2014.

Download   Modul SPSS Intervening Product of Coefficient (730)

Title : Modul PLS 3 Uji Moderating Effect - New


Keterangan  

Modul ini akan menuntun para peneliti untuk menguji moderating effect yang belum mampu dilakukan oleh PLS versi 1 dan PLS Versi 2. Semoga bermanfaat, salam.

Download   Modul PLS 3 Uji Moderating Effect - New (619)

Title : Daftar Dosen Pendamping dan Petunjuk Harvard Style


Keterangan  

Tugas Penelitian di kelas metode penelitian (sore) dilakukan bersama sama oleh mahasiswa dan dosen pendamping. Terlampir pentunjuk penulisan harvard style dan brosur "National Research Competition"

Download   Daftar Dosen Pendamping dan Petunjuk Harvard Style (711)

Title : Silabus Potongan Pungutan PPh, Update September 2016


Keterangan  

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami konsep dan praktek pemotongan dan pemungutan pajak, khususnya potongan dan pungutan pph pasal 21/26, potongan dan pungutan pph pasal 23/26, potongan dan pungutan pph pasal 4 (2), potongan dan pungutan pph pasal 15, dan potongan dan pungutan pph pasal 22. Selain itu juga dibahas tentang  hirarki aturan perpajakan, khususnya pemotongan dan pemungutan pajak berdasarkan UU dan PERPU, Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri Keuangan (PMK), Peraturan Direktorat Jendral Pajak (PER-DJP), dan Surat Edaran Direktorat Jendral Pajak (SE-DJP).

Download   Silabus Potongan Pungutan PPh, Update September 2016 (154)

Title : Bedah Paper di Seminar Akuntansi Perpajakan (Kls Malam), Pertemuan Ke 9 - Oleh Widya Erryawti Halim


Keterangan  

Judul: PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AGGRESSIVENESS. Oleh: Bayu Agung Pranoto dan Ari Kuncoro Widagdo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

Download   Bedah Paper di Seminar Akuntansi Perpajakan (Kls Malam), Pertemuan Ke 9 - Oleh Widya Erryawti Halim (3585)

Title : Bedah Paper di Seminar Akuntansi Perpajakan (Kelas Pagi), Pertemuan Pertama


Keterangan  

JUDUL PAPER: PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, KONTROL PERILAKU YANG DIPERSEPSIKAN, DAN SUNSET POLICY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. PENULIS: WIDI DWI ERNAWATI dari Politeknik Negeri Malang, dan BAMBANG PURNOMOSIDHI dari Universitas Brawijaya

Download   Bedah Paper di Seminar Akuntansi Perpajakan (Kelas Pagi), Pertemuan Pertama (4957)

Title : Silabus Agama (Semua Agama)


Keterangan  

Mata kuliah Pendidikan Agama ini bertujuan untuk menghasilkan softskill mahasiswa berupa kemauan dan kemampuan mengimplementasikan ajaran agama terutama dalam hubungannya dengan social kemasyarakatan di lingkungan kampus dan di dalam kehidupan bermasyarakat. Proses implementasi ajaran agama masing masing harus menjungjung tinggi nilai toleransi. Peserta didik akan diminta untuk mengerjakan project secara individu dan secara berkelompok. 

Download   Silabus Agama (Semua Agama) (486)

Title : Modul PLS 3 Uji Quadratic Effect - New


Keterangan  

Modul ini akan menuntun para peneliti untuk menguji Quadratic effect (Pengaruh Tidak Langsung) yang belum mampu dilakukan oleh PLS versi 1 dan PLS Versi 2. Semoga bermanfaat, salam.

Download   Modul PLS 3 Uji Quadratic Effect - New (220)

Title : Gambar Model Penelitian dan Penelitian Terdahulu


Keterangan  

Gambar Model Penelitian dan Penelitian Terdahulu, digunakan sebagai contoh tugas metode penelitian dan seminar akuntansi perpajakan

Download   Gambar Model Penelitian dan Penelitian Terdahulu (356)

Title : Contoh Kuisioner Untuk Tugas Metode Penelitian dan Seminar Akuntansi Perpajakan


Keterangan  

Ini hanya sebagai contoh kuisioner yang dianjurkan di Mata Kuliah "Metode Penelitian" dan "Seminar Akuntansi Perpajakan" di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Download   Contoh Kuisioner Untuk Tugas Metode Penelitian dan Seminar Akuntansi Perpajakan (3817)

Title : Bedah PER - 16 / PJ / 2016, Matakuliah Potput PPh


Keterangan  

PEDOMAN TEKNIS TATA CARA PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN, PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 DAN/ATAU PAJAK PENGHASILAN PASAL 26, SEHUBUNGAN DENGAN PEKERJAAN, JASA, DAN KEGIATAN ORANG PRIBADI

Download   Bedah PER - 16 / PJ / 2016, Matakuliah Potput PPh (636)

Title : Formulir Bimbingan Metode Penelitian


Keterangan  

Formulir ini di print out dan dibawa kepada dosen pendamping. Setiap point yang sudah disetujui, agar ditanda tangani oleh dosen pendamping

Download   Formulir Bimbingan Metode Penelitian (147)

Publications

Title : Exploring Indonesia-Antigua & Barbuda Trade Potentials A Revealed Comparative Advantage Approach


Journal Name  

The 3rd Uzbekistan - Indonesia International Joint Conference on Economic Devlopment and Nation Character Building to Meet The Global Economic Challenges, Universitas Gunadarma, 8 Oktober 2013, ISBN: 978-602-9438-24-6

Download   Exploring Indonesia-Antigua & Barbuda Trade Potentials A Revealed Comparative Advantage Approach (0)

Title : Pengaruh Competitive Strategy Terhadap Kinerja, Dimoderasi Kepemilikan Manajerial dan Institusional


Journal Name  

Prosiding ISSN 2089-1040, Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis IV, Universitas Tarumanagara, Jakarta, 8 Mei 2014

Download   Pengaruh Competitive Strategy Terhadap Kinerja, Dimoderasi Kepemilikan Manajerial dan Institusional (0)

Title : Intensitas Pemanfaatan Sumber Materi Perkuliahan Dalam Model Pembelajaran KBK


Journal Name  

Media Studi Ekonomi, Vol 16 No. 1  Januari - Juni 2013, ISSN: 1410-4814, Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Download   Intensitas Pemanfaatan Sumber Materi Perkuliahan Dalam Model Pembelajaran KBK (0)

Title : Interaction of Competitive Strategy and Ownership on Firm Performance, Partial Least Square Approach


Journal Name  

Proceeding ISBN: 978-979-9022-11-0, ICBESS 2014, The 1st International Conference on Business, Economics and Social Sciences, Grand Inna Kuta Hotel, Bali, June 25-26, 2014

Download   Interaction of Competitive Strategy and Ownership on Firm Performance, Partial Least Square Approach (0)

Title : The Influence of Management Information System to Management Control System


Journal Name  

The First International Conference on Law, Business and Goverment, October 2013, Universitas Bandar Lampung, Indonesia 

Download   The Influence of Management Information System to Management Control System (0)

Miscellaneous

Title : Permen No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi


Judul  

Penting sekali memahami Standar Nasional Pendidikan Tinggi berbasis KKNI. Standar Nasional Pendidikan Tinggi, adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. 

Download   Permen No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (0)

Title : Perdirjen Dikti No. 49 Tahun 2011 Pedoman Terbitan Berkala Ilmiah


Judul  

Perlu dibaca dan dipahami untuk mempersiapkan penerbitan jurnal ber ISSN atau terakreditasi

Download   Perdirjen Dikti No. 49 Tahun 2011 Pedoman Terbitan Berkala Ilmiah (0)

Title : Permenpan No. 17 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Dosen


Judul  

Perlu dibaca dan dipahami para dosen, untuk merencanakan kepangkatan dengan cepat, dengan melaksanakan tridarma perguruan tinggi dan dipersiapkan dokumen pendukungnya.

Download   Permenpan No. 17 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Dosen (0)

Title : Panduan Penelitian di Perguruan Tinggi, Dikti 2012


Judul  

Perlu dibaca dan dipahami untuk mempersiapkan proposal penelitian yang didanai oleh Dikti

Download   Panduan Penelitian di Perguruan Tinggi, Dikti 2012 (0)

Title : Permen No. 87 Tahun 2014 Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi


Judul  

Perlu dibaca dan dipahami dengan baik, untuk mempersiapkan akreditasi Institusi (Akreditasi Universitas)

Download   Permen No. 87 Tahun 2014 Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi (0)

Title : Pedoman Hibah Buku Ajar 2014


Judul  

Meski ini adalah pedomen tahun 2014, masih akan relevan untuk tahun 2015. Bagi yang ingin menulis buku ajar, diselesaikan dulu draft buku nya, kemudian ajukan pendanaan hibahnya, sekitra Rp.22jt.

Download   Pedoman Hibah Buku Ajar 2014 (0)

 

Dosen Lainnya